Batik Dari Indonesia

Indonesia kaya akan budaya. Salah satu budaya yang harus dilestarikan adalah batik. Sebagaimana kita tahu, motif batik di Indonesia memiliki motif yang beraneka ragam. Namun, masih banyak yang belum mengenal motif-motif batik yang ada di Indonesia

Fatih Indonesia sebagai pelopor baju koko kombinasi batik. Sebagaimana diliput oleh bisnis.com, ada dua alasan mengapa Fahmi (CEO dan Founder Fatih Indonesia) mengangkat batik.

Alasan pertama, karena beliau berasal dari Garut dan Garut memiliki batik Garutan.

Kedua batik Garutan belum dikenal secara luas. Namun saat ini, Fatih Indonesia tidak hanya mengangkat batik dari Garut saja. Selain batik Garutan, ada beberapa motif batik lain yang digunakan oleh Fatih Indonesia

Batik Angkin: Pembawa Rezeki

Merupakan salah satu motif batik Garutan. Batik Angkin biasa juga disebut batik Banji. Nama “banji” berasal dari bahasa dialek suku tiongha yaitu “banzi”. Kata banzi terdiri dari dua kata. “Ban” artinya sepuluh. “Dzi” adalah ribu. Melambangkan murah rezeki dan kebahagiaan yang berlipat ganda.Batik Koko Habibi series

Habibi Series

 

Fatih Indonesiamemakai motif Batik Angkin Garutan pada Habibi series. Kombinasi antara bahan premium polos dengan Batik Angkin Garutan yang memberukan kesan modern, tanpa melupakan sentuhan khas Indonesia. Harapanya Ketika memakai Habibi series, kita semua dapat menjadi lebih baik. Semoga menjadi lebih murah rezeki, mudah berbagi, dan selalu bahagia.

Batik Parang: Batik Tertua dari Indonesia

Merupakan salah satu motif tertua di Indonesia. Sudah ada sejak sejak zaman keraton Mataram Kartusuro (Solo). Oleh karena itu, batik parang biasa digunakan oleh raja, keluarga keraton, atau kesatria kerajaan.

Parang bermakna tebing batu karang atau pereng. Memiliki pola garis menurun dari atas ke bawah secara diagonal. Pola ini melambangkan ketangkasan, kewaspadaan, dan kontituinitas antara perkerja dengan pekerja lain.

Batik parang juga menggambarkan kain yang belum rusak. Maksudnya, para dewan orang tua menurunkan/mewariskan jalinan yang tidak pernah putus dalam memperbaiki diri.

Batik koko Hadid SeriesHadid Series

Fatih Indonesia membawa semangat batik parang melalui Hadid Series. Semoga Fatih Indonesia dapat menularkan semangat untuk terus memperbaiki diri. Tak hanya itu, semoga kita dapat menjadi lebih baik setiap harinya.

Batik Kawung: Kemurnian dari Batik Indonesia

Bentuk buah kawung (biasa disebut kolang-kaling) adalah inspirasi dari batik kawung. Batik ini menyerupai buah kawung ketika dibelah menjadi dua. Sehingga tampak empat cekungan ke empat penjuru sudut.

Motif kawung sendiri mempunyai makna kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian. Menyimbolkan kekosongan nafsu atas hasrat duniawi. Arti dari kekosongan adalah netral, tidak berpihak, tidak ingin menonjolkan diri.

Batik Koko Omar

Omar Series

Ada kabar baik nih! Fatih Indonesia lauching new collection dengan motif batik Kawung. Omar series akan di launching di bulan Februari 2022. Ada tiga pilhan warna yaitu hitam, navy, dan abu-abu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *